Maha Guru

Syekh Nawawi - Illustrasi Mahaguru

Id 1436H. Sudah lama tidak berkunjung ke Pesantren, tempat dimana aku dibesarkan dan menimba ilmu agama. Bukan menimba, tepatnya menyendok.

Pagi itu sholat Id Adha segera dimulai. Imam sekaligus khotib adalah guru ku. Sekilas tidak ada yang berubah dengan beliau. Yang terlihat berbeda adalah dia mengenakan kacamata sekarang. Mungkin pengaruh usia terhadapap penglihatannya.

Aku menunduk seraya mendengarkan khutbahnya. Suara beliau sudah tak selantang dulu. Sudah mulai serak dan lemah. Nafasnya pun sudah tidak lagi panjang. Dia harus menyambung dua sampai tiga kali nafas dalam satu ayat. Akhirnya aku menegakkan kepala dan menoreh ke arah guruku. Kebetulan aku berada di baris pertama jamaah. Jadi aku bisa melihat dengan jelas ke arah guru ku.

Tiba-tiba hati ku langsung bergetar, air mata ku mulai menggenang di kelopak mata. Aku melihat ternyata guru ku sudah begitu berbeda. Kerutan di dahinya sekarang terlihat begitu jelas dan banyak. Beberapa uraian rambutnya sudah memutih. Janggut yang dulu tebal kini seolah menipis dan memutih. Ya Allah, aku merasa berdosa karena telah lama pergi dari pesantren. Aku seakan lupa kepada sosok yang telah mengajarkan, dan memperkenalkan kepada ku akan kebaikan, dan melarangku akan keburukan.

Akhirnya air mataku menetes juga. Saat melihat kaki beliau terlihat tua sekali. keriput, hitam tidak terawat seolah telah lelah berjalan di dunia ini. Ya Allah, aku belum bisa membahagiakan guruku, tolong panjangkan umurnya dan sehatkan jiwa raganya.

-Al Muh-
Maha Guru Maha Guru Reviewed by Al Muh on 09.30.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.