Masjid Tanpa Kubah



Januari 2018. Saat pertama kali melihat bangunan ini, orang pasti akan mengira bangunan ini adalah kantor pemerintahan, balairung atau bahkan restoran Padang. Tapi setelah memasukinya, kita akan tahu bangunan ini ternyata masjid raya.

Terletak di pusat kota Padang, di Jalan Khatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Unik, masjid ini tidak memiliki kubah seperti masjid pada umumnya. Denah masjid berbentuk persegi empat dengan sudut lancip dan atap bergonjong layaknya rumah gadang. Meskipun tak memiliki kubah, masjid ini didesain sarat akan nilai keislaman. Salah satunya jika kita lihat masjid ini dari atas, sang arsitek terinspirasi dari bentuk bentangan kain ketika empat kabilah suku Quraisy di Mekkah berbagi kehormatan memindahkan batu Hajar Aswad dengan memegang masing-masing sudut kain.

Pada sisi luar dinding masjid ini dihiasi ukiran khas minang berpadu kaligrafi lafadz Allah serta kalimat tauhid.

Berdiri di area seluas 40.343 meter persegi, masjid ini memiliki luas bangunan 4.430 meter persegi yang terdiri dari 3 lantai. Mampu menampung sekitar 6000 jamaah. Selain sebagai tempat beribadah, masjid ini juga menjadi salah satu destinasi wisata Kota Padang karena keunikannya. [Almuh]
(Foto: Dimas Alkhairsyah)





Masjid Tanpa Kubah Masjid Tanpa Kubah Reviewed by Al Muh on 09.54.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.