Persamaan Menyelam di Laut dan Menyelami Hidup




Sekilas kalau kita melihat orang menyelam, kita akan menganggap itu mudah.
Tapi silakan coba!
Jangankan menyelam, cobalah dulu snorkling.

Ternyata tidak semudah yang kita bayangkan.
Pertama adalah kita harus melawan rasa takut dan panik.
Kedua kita harus sadar betul bahwa kita sedang berenang dan akan menyelam.
Kenapa kita harus sadar? Karena saat menyelam, banyak hal yang berbeda dari kebiasaan manusia ketika di darat. Seperti kita harus belajar bernafas dengan mulut, lantaran selang udaranya akan ditempel di mulut kita, bukan di hidung. Jangan coba-coba bernafas dengan hidung, salah-salah anda akan tersedak, lalu panik dan tenggelam.
Kaki kita pun tak berfungsi sebagaimana mestiknya ketika kita di darat.
Kita harus terbiasa melangkah seperti ikan, atau katak.

Nah, kalau sekarang analogi menyelam kita terapkan di dalam hidup kita.
Ketika hidup dan menyelami hidup, kita akan menemui kondisi-kondisi unnormal dari yang biasa kita jalani. Ketika kita bertemu dengan kondisi yang berbeda, maka kita pun harus bisa menghadapinya dengan cara yang berbeda pula. Apa lagi kalau kondisi itu memang termasuk kategori masalah hidup. Yang harus kita lakukan adalah melawan rasa takut dan panik, singkatnya ini kita sebut "ketenangan". Lalu berikutnya kita harus sadar bahwa kita sedang dalam kondisi yang berbada dari biasanya.

Ketenangan dipadukan dengan kesadaran bahwa kita ini lah, otak kita akan memproses cara untuk beradaptasi dan cara untuk menghadapinya.

Seperti halnya menyelam di laut, kalau kita sudah panik duluan, otak kita tidak akan bisa berpikir, napas kita tidak teratur, segalanya jadi kacau, lalu yang terburuk kita bisa tenggelam. Dan seperti halnya berenang pula, tahap kesadaran diri kita akan memberikan solusi kepada kita untuk menghadapi masalah yang dihadapi. Otak akan membuka memori pelajalan hidup dari waktu ke waktu, lalu secara otomatis otak akan memadukannya, melahirkan solusi baru untuk masalah yang baru.

Terima kasih sudah membaca.
Almuh.
Persamaan Menyelam di Laut dan Menyelami Hidup Persamaan Menyelam di Laut dan Menyelami Hidup Reviewed by Al Muh on 11.44.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.