Tidak Ada Haditsnya, Itu Bid'ah Sesat!

 


Tidak Ada Haditsnya, Itu Bid'ah Sesat!

Baca dulu ya sampai habis.

Akhir-akhir ini saya sering sekali mendengar kalimat semacam itu. Ada yang lebih sotf ada yang hard banget. Tergantung seberapa egois seseorang itu. Merasa paling benar sesuai ajaran Nabi SAW.

Saya suka mikir gimana caranya saya berargumen ya, kalau ada orang yang berkata seperti itu. Soalnya saya sendiri memang tidak hafal hadits, dan tidak paham hadits. Saya memang lebih banyak mendengar ceramah Kiyai-kiyai tradisionil sewaktu di kampung dulu.

Suatu ketika saya sedang mendengarkan ceramah, saya lupa cerah siapa. Ustadz itu siapa ya...

Beliau berkata kalau ada yang bilang "Tidak ada haditsnya...! Bid'ah! Dhollun mudhillun! Sesat!" Maka yang perlu kita lakukan adalah tarik napas dalam-dalam dan bersabar. Tetap jernih dalam berpikir. Lalu pergi hindari perdebatan, itu akan lebih baik. Tapi jika terpaksa harus melayani, dan kita tidak punya ilmunya, cukup tanyakan kepada dia "Maaf, itu tidak ada haditsnya atau anda tidak tahu haditsnya ya?"

Cukup sampai di situ aja. Atau yang lebih singkat "Tidak ada haditsnya atau tidak tahu?"

Kita akan menunggu jawaban dia.

Ketika orang itu menjawab "Tidak ada", kita coba timpali lagi, "Masyaa Allah, sudah hafal berapa ribu hadits sampai menyatakan tidak ada?"

Kalau dia menjawab dan semakin sangar, maka jangan diteruskan karena bisa dipastikan itu hanya egoisme pribadi atau kelompok saja. Bukan perdebatan yang membawa maslahat.

Ketika oran gitu menjawab "Tidak tahu", jawaban ini sudah sangat jelas kebodohan yang membuat orang itu berbicara lantang. Orang kita menyebutnya tong kosong nyaring bunyinya. Kalau mau menimpali jawab saja seperti ini: "Berarti kita sama-sama tidak tahu, sudah."

Namun cara terbaik menghadapi orang berkata Tidak Ada Haditsnya, Itu Bid'ah Sesat! adalah dengan diam lalu hindari perdebatan.

Silakan tinggalkan komentar untuk sharing pengetahuan yak 😊


Tidak Ada Haditsnya, Itu Bid'ah Sesat! Tidak Ada Haditsnya, Itu Bid'ah Sesat! Reviewed by Almuh on 12.57.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.